LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: UPT JPD (JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH) DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Rini Septiani Astuti, Rini Septiani Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: UPT JPD (JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH) DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINI SEPTIANI ASTUTI (12110241023).pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan praktik pengalaman lapangan. Program tersebut merupakan kegiatan yang diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Di dalam analisis situasi dijelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang sementara berada di Jl. AM Sangaji komplek SMKN 2 Yogya, namun terbagi di bagian UPT JPD. Dalam rumusan program rumusan program PPL yaitu membuat penelitian tentang implementasi program beasiswa prestasi di Kota Yogyakarta. Persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil dalam program kegiatan PPL ini yaitu bahwa semua program yang akan dilaksanakan harus dipersiapkan dengan observasi terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam pelaksanaan program yang akan dilakukan. Pelaksanaan program kegiatan ini juga tidak banyak hambatan dalam pelaksanaan karena sudah dipersiapkan dengan matang. Analisis hasil program kegiatan ini yaitu bahwa dalam penelitian yang dilakukan oleh praktikan menunjukkan bahwa dalam implementasi program beasiswa prestasi telah diajukan namun tidak semua kelurahan mengisi semua kuota yang diberikan dari dinas. Selama PPL di UPT JPD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta praktikan memperoleh banyak pengalaman dan tambahan ilmu yang dijadikan bahan pertimbangan kedepannya nanti. Hasil penelitian individu bahwa beasiswa prestasi adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada siswa berprestasi yang berasal dari keluarga pemegang KMS maupun non KMS. Maksud diberikannya beasiswa prestasi untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik berprestasi dari keluarga pemegang KMS maupun non KMS. Implementasi dari program beasiswa prestasi di Kota Yogyakarta sudah terlaksana dan semua kelurahan mengajukan berkas dari warganya. Kuota yang diberikan pada setiap kelurahan adalah 24 siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Kelurahan Cokrodiningratan mengajukan 21 siswa, karena yang dari jejang SMA pemegang KMS nilainya tidak memenuhi. Kebijakan dari kelurahan Cokrodiningratan adalah yang berhak mendapat beasiswa prestasi itu nilainya diatas 60, sehingga siswa yang hanya memiliki nilai dibawah 60 maka tidak masuk dalam daftar penerima beasiswa prestasi. Hasil pendataan yang diluar rencana adalah Pendataan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dan Pendataan Siswa Putus Sekolah di Kota Yogyakarta, bahwa Jumlah siswa kelas X SMA Negeri 2438 siswa, sedangkan siswa kelas X SMK Negeri 2243 siswa. Dilihat dari data, menunjukkan bahwa dari tiga tahun terakhir, yaitu tahun 2013, 2014, dan 2015 terjadi peningkatan peminat pada sekolah SMA Negeri. Sedangkan untuk SMK Negeri, dari tiga tahun terakhir terjadi peningkatan pada tahun 2014, dan terjadi penurunan angka peminat pada sekolah SMK Negeri pada tahun 2015.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Beasiswa Prestasi, PPDB
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34848

Actions (login required)

View Item View Item