APORAN PROGRAM PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA BIDANG PENDIDIKAN NON FORMAL TAHUN AJARAN 2015/ 2016

LAILATIS SA’ADAh, LAILATIS SA’ADAh APORAN PROGRAM PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA BIDANG PENDIDIKAN NON FORMAL TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAILATIS SAADAH (12110241042).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Praktek Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa guna melaksanakan suatu kegiatan praktek lapangan di instansi ataupun sekolah yang berkaitan dengan program studi yang ditempuh mahasiswa. Evaluasi diklat lanjut dan pendampingan tugas mandiri pendidik PAUD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dengan metode Kirkpatrick dilakukan untuk : 1.) Mengetahui kondisi serta rasional pendidik dan tenaga pendidik PAUD dilapangan dengan kondidi yang diharapkan dan ditetapkan oleh pemerintah. 2.) Melakukan Evaluasi pelaksanaan Diklat Lanjut dan Pendampingan Tugas Mandiri Pendidik PAUD agar mencapai tujuan yang diharapkan dan ditetapkan. Analisis Data PPDB dan angka putus sekolah dilakukan dengan tujuan menghimpun data terbaru menengenai PPDB dan jumlah siswa putus sekolah yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Metode yang dilakukan untuk melakukan evaluasi diklat lanjut adalah dengan mengolah data evaluasi penyelenggaraan diklat, evaluasi narasumber, skala sikap, dan wawancara kepada responden. Sedangkan metode yang dilakukan untuk menghimpun data PPDB dan angka putus sekolah adalah dengan pendataan langsung ke sekolah yang ada di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan diklat lanjut adalah sebagai berikut: 1.) Peserta diklat kurang puas terhadap pelaksanaan diklat, 2.) Peserta Diklat Lanjut PTK PAUD tahun 2015 merasa puas terhadap pelayanan kesekretariatan, konsumsi, dan ruang yang disediakan oleh penyelenggara. Akan tetapi peserta menyatakan kurang puas terhadap struktur kegiatannya, 3.) Evaluasi narasumber yang dilakukan oleh peneliti, 56% peserta kurang puas dengan narasumber yang menyampaikan materi dalam pelaksanaan Diklat Lanjut PTK PAUD tahun 2015. 4.) Respon peserta atas Diklat Lanjut PTK PAUD tahun 2015, 33% peserta merespon dengan baik. 5.) Semua materi diklat diperlukan PTK PAUD pada saat mengajar. Sedangkan hasil analisis data PPDB dan angka putus sekolah adalah sebagai berikut : 1.) Perbandingan jumlah siswa SMA dan SMK Negeri maupun swasta cukup seimbang dan tidak terlalu jauh. 2.)Data peserta didik SMK Negeri yang putus sekolah lebih besar daripada SMA Negeri. 3.) Beberapa pemegang kartu KMS merupakan siswa putus sekolah yang ada di SMK Negeri ataupun Swasta di Kota Yogyakarta. 4.) Masih banyak siswa SMA maupun SMK Negeri dan Swasta yang tidak berdomisili asli Kota Yogyakarta

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program Praktik Lapangan (PPL), Evaluasi Diklat Lanjut PTK PAUD, Analisis data PPDB dan angka putus sekola
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34844

Actions (login required)

View Item View Item