UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Lulu Zakiyah, Lulu (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran Numbered Head together (NHT) pada pembelajaran seni tari di kelas VII-H SMP Negeri 8 Yogyakarta Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan pada bulan Februari-April 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan jumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi percaya diri siswa, lembar keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Numbered Head together (NHT) pada pembelajaran seni tari, angket percaya diri, dan tes hasil belajar seni tari. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif sederhana. Validitas data yang digunakan adalah validitas proses, validitas hasil dan validitas demokratik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) upaya meningkatkan percaya diri siswa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran seni tari di kelas VII-H SMP Negeri 8 Yogyakarta Tahun pelajaran 2015/2016 yaitu dengan menerapkan ke empat tahap pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yaitu tahap pertama fase penomoran, tahap ke dua fase pemberian tugas, tahap ke tiga fase berpikir bersama dan tahap ke empat fase menjawab. 2) besarnya peningkatan percaya diri siswa yang mencapai kategori tinggi pada Siklus I berdasarkan hasil perhitungan lembar observasi percaya diri siswa sebesar 23,33% dan Siklus II sebesar 81,25%. 3) besar peningkatan percaya diri siswa yang mencapai kategori tinggi berdasarkan hasil perhitungan angket percaya diri siswa pada pratindakan 31,25% meningkat pada Siklus I sebesar 71,87% dan Siklus II sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Percaya diri , Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34841

Actions (login required)

View Item View Item