APORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

EVIWULANSARI, EVIWULANSARI (2015) APORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DEVI WULANSARI (12110241043).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program PPL bertujuan untuk menjadikan mahasiswa siap menghadapi tantangan dunia kerja, dan memberikan pengalaman serta mempraktekkan ilmu yang selama ini diperoleh ke dalam dunia yang lebih kongkret yaitu dunia kerja. Dalam PPL ini mahasiswa dituntut untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan bidang studinya. Penelitian dengan judul evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi melalui pelatihan guru ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelatihan guru tentang sekolah inklusi di Dinas Kota Yogyakarta dan tugas mencari data di sekolah yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kepada Mahasiswa PPL(tugas kelompok). Metode yang digunakan dalam menganalisis tugas tersebuta yaitu dengan metode studi dokumen, deskriptif kuantitatif dengan teknik prosentase, sedangkan penelitian tentang evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. Jenis angket yang digunakan yada tia macam, yang pertama untuk mengukur reaksi peserta pelatihan, yang kedua untuk mengukur aspek kognitif, dan yang terakhir adalah aspek afektif. Hasil analisis penelitian terhadap PPDB se-Kota Yogyakarta diperoleh kesimpulan sebagai berikut, data peserta didik dari SMP, SMA dan SMK di Kota Yogyakarta yaitu banyaknya peserta didik yang berasal dari dalam kota, meskipun masih ada juga beberapa peserta didik yang berasal dari luar kota, sebagian dari mereka adalah pemegang C1 dan ada yang berstatus family lai. Hasil penelitian evaluasi program fasilitasi sekolah inklusi yaitu sebagai berikut, hasil dari menganalisis data aspek reaksi yang diperoleh melalui angket dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan merasa pelatihan tersebut menyenangkan dan memuaskan bagi peserta training. Namun ada juga yang merasa pelatihan tersebut kurang memuaskan, sedangkan yang lainnya merasa bahwa pelatihan tersebut tidak memuaskan. Berdasarkan hasil angket dari aspek kognitif, yaitu sebagian besar peserta training dapat dikatakan 65% peserta pelatihan rata rata sebagian besar dapat menjawab angket yang diberikan dengan benar. Hasil dari menganalisis data dari aspek afektif yaitu dapat diperoleh bahwa pelatihan tersebut diperoleh data dari sebagian peserta pelatihan bahwa pelatihan tersebut kurang memuaskan, sedangkan peserta lainnya menyatakan bahwa pelatihan tersebut sangat memuaskan dan memuaskan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Inklusi, Pelatihan Guru, PPDB dan Putus Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34838

Actions (login required)

View Item View Item