UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS I SD N PAKEM 1

Maharini, Wahyu Marfungah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS I SD N PAKEM 1. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Marfungah Maharini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Peningkatan hasil belajar ini dilakukan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas I SD N Pakem 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD N Pakem 1 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan adanya peningkatan aspek aktivitas guru dan siswa dengan pendekatan RME di setiap pertemuan dan rata-rata persentasenya ≥ 70 % telah mencapai kategori tinggi, hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah ≥ 70 sebagai batas tuntas kompetensi (ketentuan sekolah) dicapai minimal 20 siswa ( 75 % dari keseluruhan siswa), dan nilai rata-rata kelas ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas I SD N Pakem 1. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan rata-rata persentase aspek aktivitas guru dan siswa dengan pendekatan RME sebanyak 21,5% yaitu siklus I sebesar 58,50% dan siklus II sebesar 80%. Nilai rata-rata hasil pre test yang dicapai pada pra tindakan yaitu 56,11 sedangkan nilai rata-rata hasil post test pada siklus I yaitu 71,29 dan nilai rata-rata hasil post test pada siklus II yaitu 80,37 sehingga mengalami peningkatan sebanyak 9,08. Persentase ketuntasan belajar yang dicapai yaitu 52% pada siklus I dan 85% pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebanyak 33%. Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Bilangan Cacah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jun 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34827

Actions (login required)

View Item View Item