Fidya Kurniawati, Fidya Kurniawati (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 1 MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
6. ISI (BAB 1-3 DAN DAFPUS).pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung ilmu serta teori-teori yang diperoleh dalam bangku perkuliahan. Selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, baik mengenai proses pembelajaran, kegiatan administrasi guru, maupun managemen yang ada di sekolah. Dalam kegiatan ini mahasiswa melakukan praktek mengajar di dalam kelas. Hal ini berfungsi untuk melatih mental mahasiswa sebagai calon pendidik agar dapat mengajar dengan baik. Selain itu dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan memiliki bekal keterampilan yang lebih dalam dunia pendidikan, sehingga nantinya mahasiswa siap saat terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya. Kegiatan PPL juga merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan PPL di SMP NEGERI 1 MUNGKID MAGELANG ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama kegiatan observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan PPL I, yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. Setelah tahap PPL I dilaksanakan selama 1 semester. Tahap selanjutnya ialah praktek mengajar di sekolah, yang dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas VII (VII B, VII F, VII G, dan VII I) sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan Media dan Evaluasi . Hasil kegiatan PPL memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa baik dalam proses KBM maupun pengelolaan sekolah. Selain itu pelaksanaan kegiatan PPL juga memberikan bekal pada mahasiswa bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi ketika nantinya akan terjun dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, kegiatan pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 01:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |