LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 4 MAGELANG MAGELANG JAWA TENGAH

Asri Satiti, Asri Satiti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 4 MAGELANG MAGELANG JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Asri Satiti (12302241008).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya agar dapat memfasilitasi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang sudah didapat, membekali mahasiswa dengan pengalaman langsung pembelajaran di sekolah serta memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai guru profesional dengan keempat kompetensi yang harus dimiliki. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Magelang meliputi kegiatan persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Praktikan mengajar mata pelajaran Fisika di kelas X-1, X-2, X-3, XI-IPA-1, XI-IPA-2 dan XI-IPA-3. Selain kegiatan mengajar, sekolah juga membekali siswa dengan kegiatan non mengajar semacam bertugas piket, membantu administrasi di perpustakaan maupun tata usaha, dan membimbing ekstrakurikuler. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 12 pertemuan. Selama praktik mengajar Fisika di SMA Negeri 4 Magelang tentu ada hambatan namun hambatan tersebut dapat segera diselesaikan dengan bimbingan dari guru pembimbing. Dengan PPL mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang sangat berguna sebagai bekal seorang calon guru Fisika. Mahasiswa juga mempunyai gambaran dan terpacu untuk meningkatkan kualitas agar menjadi seorang guru Fisika yang profesional dengan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, PPL, praktik mengajar, Fisika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 01:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34808

Actions (login required)

View Item View Item