Widiyatmoko, Widiyatmoko (2012) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR DITINJAU DARI TINGKAT EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Widiatmoko 09504242009.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa yang mempunyai tingkat Emotional Quotient (EQ) tinggi, hasil belajarnya lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai tingkat Emotional Quotient (EQ) rendah serta siswa yang mempunyai konsep diri positif, hasil belajarnya lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai konsep diri negatif pada siswa kelas XI tahun ajaran 2011/2012 di SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif (perbandingan). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tahun ajaran 2011/2012 SMK Perindustrian Yogyakarta sebanyak 94 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Uji validitas instrumen menggunakan judgment expert dan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menggunakan rumus Chi Kuadrat dan uji homogenitas menggunakan rumus uji F. Uji hipotesis menggunakan rumus uji t dengan polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan emosional (EQ) tinggi, hasil belajarnya lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan emosional (EQ) rendah pada siswa kelas XI tahun ajaran 2011/2012 di SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji pihak kiri dengan harga tRhitungR lebih besar daripada harga -tRtabelR (2,2505 > -1,664) pada taraf signifikansi 5%. Siswa yang mempunyai konsep diri positif, hasil belajarnya lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai konsep diri negatif pada siswa kelas XI tahun ajaran 2011/2012 di SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji pihak kiri dengan harga tRhitungR lebih besar daripada harga -tRtabelR (1,4231 > -1,664) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: hasil belajar, kecerdasan emosional (EQ), konsep diri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 01:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34801 |
Actions (login required)
View Item |