Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif di SMK Kelas XI Jurusan Teknologi Komputer Jaringan

Kusuma, Anggun Badu (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif di SMK Kelas XI Jurusan Teknologi Komputer Jaringan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggun-badu-kusuma-10709251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran kooperatif yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap pendahuluan, pengembangan, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas 71 siswa dan dua guru SMK Muhammadiyah 1 Temon, Kulonprogo. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) kevalidan: penilaian validator terhadap silabus, RPP, LKS, dan THB, (2) kepraktisan: lembar penilaian kepraktisan dari guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kemampuan guru, dan (3) keefektifan: lembar angket pelaksanaan pembelajaran guru, lembar angket pelaksanaan pembelajaran siswa, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni silabus, RPP, LKS, dan THB layak digunakan dengan kategori kevalidan sangat baik. Kepraktisan produk berkategori mudah dilaksanakan, hal ini terlihat dari: (1) lembar penilaian guru menunjukkan bahwa produk berkategori mudah dilaksanakan, (2) lembar observasi kegiatan siswa menunjukkan bahwa produk dengan kategori sangat baik, (3) lembar observasi kemampuan guru menunjukkan bahwa produk dengan kategori baik. Keefektifan produk berkategori bagus, hal ini terlihat dari: (1) angket pelaksanaan pembelajaran guru menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran berkategori bagus, (2) angket pelaksanaan pembelajaran siswa menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran berkategori bagus, dan (3) persentase siswa yang lulus tes hasil belajar adalah 79,55%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran kooperatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 09:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34797

Actions (login required)

View Item View Item