LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 11 SEPTEMBER 2015 SMK MA’ARIF SALAM KAB. MAGELANG

IKHWAN GAUSIL AMIN, IKHWAN GAUSIL AMIN (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 11 SEPTEMBER 2015 SMK MA’ARIF SALAM KAB. MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan .pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA ANGKASA ADISUTJIPTO selama 2 bulan lebih sejak 2 Juli – 17 September 2012. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang professional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan professional yang terdiri dari observasi pembelajaran dikelas yang dilaksanakan pada saat KBM dikelas berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan sistem penilaian selama 1 semester, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 2 Juli – 17 September 2012 dengan jumlah jam mengajar 4 jam per minggu dalam 2 kelas yaitu hari Senin kelas XI IPA (jam ke 1-2) dan hari Rabu kelas XI IPS (jam ke 1-2), dengan total 10 kali pertemuan yaitu 20 jam pengajaran. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai lebih dari 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1) Dari praktikan, ketidaksiapan penguasaan materi terkadang menjadi kendala untuk memberi contoh yang relevan dan factual dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa mudah menerimanya (2) Kurangnya pengembangan media belajar siswa, sehingga dalam mengajarkan suatu materi lebih sulit (3) Dari siswa, siswa kadang ramai sehingga penguasaan kelas menjadi tidak terkontrol dan gaduh. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu agar ada kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri sehingga mahasiswa calon guru bisa menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dan penguasaan materi pelajaran sekolah serta meningkatkan kualitasnya. Kunjungan dan pengarahan dari pihak UPPL tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar, kepercayaan pihak sekolah terhadap praktikan PPL sangat diharapkan dalam rangka memotivasi dan membangun rasa percaya diri praktikan dalam proses pengajaran. Sekolah juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa setelah program pengalaman lapangan berakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 08:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item