Septiana, Lia (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Aspek Afektif dan Psikomotorik pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran fisika pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) mengetahui hasil penilaian aspek afektif peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan (3) mengetahui hasil penilaian aspek psikomotorik peserta didik dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan RPP, silabus, LKPD, lembar penilaian aspek afektif dan psikomotorik, serta soal pretest dan kuis individual yang sudah divalidasi dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh validator ahli dan praktisi, pelaksanaan uji terbatas. Setelah uji coba terbatas, produk kemudian di uji coba operasional di SMA N 1 Wates, Kulon Progo dengan subjek kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran instrumen penelitian dalam skala yang sempit di SMA N 1 Wates dan pada e-journal jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis validitas CVI berdasarkan ahli yang memperoleh nilai sebesar 1, berdasarkan validitas uji empirik sebesar 0.8125 pada aspek afektif dan 0.75 pada aspek psikomotorik, serta reliabilitas menurut ICC pada aspek afektif sebesar 0.962 dan aspek psikomotorik sebesar 0.919 dan menurut percentage of agreement pada uji empirik untuk aspek afektif sebesar 0.81 serta aspek psikomotorik 0.88 yang dikategorikan istimewa. (2) Untuk penilaian aspek afektif peserta didik di kelas X MIA 2 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik, 8 peserta didik dikategorikan baik dan X MIA 3 terdapat 24 peserta didik dikategorikan sangat baik dan 6 peserta didik dikategorikan baik (3) Untuk penilaian aspek psikomotorik peserta didik di kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA N 1 Wates, Kulon Progo secara berturut-turut adalah 28 dan 31 peserta didik dikategorikan sangat baik, serta 4 dan 1 peserta didik dikategorikan baik. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Aspek Afektif dan Psikomotorik, STAD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 06:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 02:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34739 |
Actions (login required)
View Item |