LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 MAGELANG

REZA RESTANTI, REZA RESTANTI (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover awal.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magelang selama satu bulan lebih sejak 10 Agustus – 12 September 2015. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksankan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tangga l3 Agustus 2015 dengan mata pelajaran bahasa Prancis dan jumlah total jam pengajar adalah 28 jam dengan 18 kali mengajar. Kelas yang diajar adalah seluruh kelas X baik MIA ataupun IIS. Jadwal mengajar tidak tetap karena mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis melakukan rolling kelas agar bisa merasakan mengajar di semua kelas X. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 4 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah : (1) Dari mahasiswa, penguasaan kelas yang kadang masih kurang tepat, (2) pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif, (3) dari siswa, terdapat beberapa siswa yang terlalu ramai sehingga dapat menganggu siswa lainnya dan kegiatan pembelajaran dikelas. Saran untuk keberhasilan PPL dari mahasiswa PPL 2015 yaitu agar ada kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan mahasiswa itu sendiri sehingga mahasiswa dapat menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dan penguasaan kompetensi pembelajaran serta meningkatkan kualitasnya. Kunjungan dan pengarahan dari pihak LPPMP tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar, kepercayaan pihak sekolah terhadap mahasiswa PPL sangat diharapkan dalam rangka memotivasi dan membangun rasa percaya diri mahasiswa dalam proses pengajaran. Sekolah juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa setelah program pengalaman lapangan berakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34736

Actions (login required)

View Item View Item