PENGELOLAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Umiati, Umiati (2016) PENGELOLAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
umiati_12101244037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan/persiapan Prakerin; 2) pelaksanaan Prakerin; dan 3) evaluasi Prakerin di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kaur Prakerin, WK Kehumasan, Admin bagian Kehumasan, Kepala Sekolah, WK Kurikulum, KPS/Guru Pembimbing, Siswa, dan Pembimbing Lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) perencanaan/persiapan Prakerin dilaksanakan setiap awal tahun ajaran, yang dimulai dari sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DUDI, koordinasi Pokja PSG, sosialisasi, dan pembekalan, untuk perencanaan/persiapan sudah melibatkan pihak industri dalam pengembangan kurikulum yaitu pada sinkronisasi kurikulum, serta terlibat saat persiapan dilaksanakan seperti saat sosialisasi dan pembekalan; 2) pelaksanaan Prakerin di SMK Negeri 2 Depok adalah di semester 7 kelas 4, dengan minimal 4 bulan dan maksimal 6 bulan dengan jumlah minimal 800 jam. Siswa/i SMK N 2 Depok diperbolehkan mengikuti Prakerin sekaligus magang. Pelaksanaan Prakerin di SMK Negeri 2 Depok terdapat beberapa kegiatan, yaitu pencarian/pengajuan tempat Prakerin, penyerahan siswa Prakerin, kegiatan dan penempatan siswa di Industri, monitoring Prakerin, penarikan siswa Prakerin, dan pelaporan Prakerin; 3) evaluasi Prakerin di SMK Negeri 2 Depok, dilakukan dengan mengumpulkan data-data terlebih dahulu, yang dalam program kerja Prakerin disebut evaluasi kemajuan tindakan. Data-data yang dikumpulkan terkait pelaksanaan siswa/i Prakerin, hasil monitoring yang sudah direkap, penilaian industri seperti kuisioner dari industri dan masukan-masukan Dunia Usaha Dunia Industri. Kemudian dianalisis untuk mengetahui tingkat pencapaian sasaran Prakerin. Evaluasi tersebut dilakukan dalam sebuah rapat yang diikuti oleh TIM HKI (Hubungan Kerja Industri).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:37
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34731

Actions (login required)

View Item View Item