IMPLEMENTASIPROGRAMAKSELERASIPENDIDIKAN KEAKSARAANDASARDIPUSATKEGIATANBELAJAR MASYARAKAT(PKBM)NGUDIMAKMURPENGASIH KABUPATENKULONPROGOTAHUN2015

Riski, Yuliani (2016) IMPLEMENTASIPROGRAMAKSELERASIPENDIDIKAN KEAKSARAANDASARDIPUSATKEGIATANBELAJAR MASYARAKAT(PKBM)NGUDIMAKMURPENGASIH KABUPATENKULONPROGOTAHUN2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Riski Yuliani_12101241041.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Persiapan program akselerasi pendidikan keaksaraan dasar di PKBM Ngudi Makmur Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2015; (2) Pelaksanaan program akselerasi pendidikan keaksaraan dasar di PKBM Ngudi Makmur Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2015; (3) Hasil program akselerasi pendidikan keaksaraan dasar di PKBM Ngudi Makmur Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2015; (4) Faktor pendukung dan penghambat program akselerasi pendidikan keaksaraan dasardi PKBM Ngudi MakmurPengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Subyek data dalam penelitian ini adalah ketua lembaga PKBM Ngudi Makmur, tenaga pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Datadianalisis dengan model interaktifMilles dkk.. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persiapan program meliputi (a) Perekrutan peserta didik dengan validasi data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dan Pedukuhan. (b) Tenaga pendidik bertempat tinggal di sekitar lokasi pembelajaran, dengan kriteria pendidikan minimal SMA/sederajat, dan memiliki kemampuan keberaksaraan. (c) Kurikulum mengacu kurikulum nasional dan memperhatikan kebutuhan peserta didik. (d) Sarana dan prasarana disiapkan dengan identifikasi kebutuhan peserta dan pembuatan MoU (e) Pembiayaan dari APBD, sharing program dan donatur tenaga pendidik. (2) Pelaksanaan program rutin selama tiga bulan dengan fasilitas yang memadai; Babinsa tidak berpengaruh; pembelajaran sesuai modul, silabus, dan RPP dengan metode ceramah, bercerita, dan pendampingan; biaya dikeluarkan untuk ATK, insentif tenaga pendidik, modul, dll.; monitoring dilaksanakan dua kali oleh Dinas Pendidikan, Kelurahan, dan Kecamatan. (3) Hasil program 40 peserta dinyatakan lulus dengan nilai tuntas dan bertambahnya kemampuan calistung. (4) Faktor pendukungnya fasilitas memadai, semangat peserta dan tenaga pendidik; faktor penghambat meliputi motivasi beberapa peserta kurang, penglihatan peserta berkurang, kesibukan peserta, dll.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:33
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34730

Actions (login required)

View Item View Item