MANAJEMEN KURIKULUM HOMESCHOOLING

Fajar, Arian O (2016) MANAJEMEN KURIKULUM HOMESCHOOLING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Arian Oktavianto_11101241036_2.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memahami secara dalam bagaimana proses perencanaan kurikulum homeschooling di lembaga penyelenggara, (2) memahami secara dalam bagaimana proses implementasi kurikulum homeschooling di lembaga penyelenggara, (3) memahami secara dalam bagaimana proses evaluasi kurikulum homeschooling di lembaga penyelenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pendiri/direktur lembaga, bidang kurikulum, dan guru. Lokasi penelitian di Homeschooling Anak Pelangi dan Homeschooling Islam Fatanugraha. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kurikulum homeschooling dimulai dari mempersiapkan kurikulum dasar, informasi peserta didik, dan pedoman pemerintah tentang pendidikan non formal. Bidang yang berwenang akan merumuskan tujuan, isi, serta metode kurikulum. (2) Implementasi kurikulum homeschooling didasarkan pada potensi, minat bakat, perkembangan dan kondisi peserta didik. (3) Evaluasi yang dilaksanakan di homeschooling masih sebatas evaluasi hasil belajar peserta didik dan kinerja tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 05:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34726

Actions (login required)

View Item View Item