EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Eshi, Ismayaningrum (2016) EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA, KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eshi Ismayaningrum_11101244032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakter siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMK Negeri 1 Bukateja yang mencakup nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler kepramukaan; (2) efektivitas kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menanamkan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Bukateja yang mencakup tiga ukuran efektivitas yakni, ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitiannya meliputi Waka Kesiswaan, Pembina Pramuka, dan Dewan Ambalan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMK Negeri 1 Bukatejatelah didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka Penegak. Selain itu, metode kepramukaan yang telah dilaksankan salah satunya yaitu metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai karakter.(2) Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di SMK Negeri 1 Bukateja dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut diperoleh dari hasil ukuran efektivitas yakni, (a) Ketepatan sasaran program mengacu pada tujuan program kegiatan. Secara keseluruhan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMK Negeri 1 Bukateja sudah menerapkan nilai-nilai karakter yang tertera pada tujuan pramuka, prinsip dasar dan metode kepramukaan, serta pengamalan Trisatya dan Dasadarma dalam setiap kegiatannya.(b) Pelaksanaan programdi SMK Negeri 1 Bukateja setiap hari jum’at pukul 13.00-16.00. Salah satu metode kepramukaan yang telah digunakan dalam pendidikan kepramukaan yakni, metode kegiatan di alam terbuka.(c) Kegiatan pemantauan pelaksanaan program secara rutin pada saat kegiatan berlangsung, oleh Waka Kesiswaan, Pembina pramuka, serta Dewan Ambalan. Proses pemantauan meliputi: pemeriksaan daftar hadir, persiapan kegiatan, pembagian tugas, persiapan siswa atau anggota, serta pengawasan. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa kearah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34724

Actions (login required)

View Item View Item