LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Nenni Iriani, Nenni Iriani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terbimbing dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggara program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efektif dan efisien. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Kota Mungkid bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Selain itu kegiatan PPL dirancang untuk melibatkan secara langsung mahasiswa dalam memperoleh pengalaman yang bermanfaat serta dapat mengaplikasikan kemampuan pendidikan yang dimiliki selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. SMA Negeri 1 Kota Mungkid beralamatkan di Jalan Letnan Tukiyat, Deyangan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. PPL UNY tahun 2015 yang ditempatkan di sekolah ini dilaksanakan mulai 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini diawali dengan melakukan observasi sekolah, baik yang berkenaan dengan kondisi fisik sekolah maupun yang berkenaan dengan proses belajar mengajar di kelas pada bulan Februari 2015. Setelah melakukan observasi, praktikan mendapat data yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan program yang akan dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi, praktikan merencanakan untuk observasi kegiatan pembelajaran di kelas, konsultasi dengan dosen dan guru pembimbing, menyusun perangkat pembelajaran, praktik mengajar, umpan balik dari guru pembimbing, analisis hasil evaluasi, dan penyusunan laporan PPL. Hasil dari pelaksanaan program PPL ada pada laporan ini. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program kerja PPL 2015 dapat berjalan lancar. Praktikan mengampu siswa kelas X IS 1, X MIA 1, dan kelas XI MIA 4. Materi yang diajarkan kepada kelas X adalah présentation: se présenter, présenter quelqu’un, les métiers, et les nationalités, sedangkan materi untuk kelas XI adalah la famille: l’arbre généalogique, décrire physique et caractéristique de personne, adjectif possessif, et adjectif qualificatif. Sebelum praktik mengajar, praktikan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, daftar hadir siswa, dan laporan harian pelaksanaan mengajar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa serta siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34720

Actions (login required)

View Item View Item