LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMA N 1 KOTA MUNGKID

Erlina Febrianti Saputra, Erlina Febrianti Saputra (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMA N 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III dan dokumentasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggara program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efektif dan efisien. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Kota Mungkid bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu cara untuk membentuk tenaga kependidikan yang berkualitas tinggi dan profesional. kegiatan PPL dirancang untuk melibatkan secara langsung mahasiswa dalam memperoleh pengalaman yang bermanfaat serta dapat mengaplikasikan kemampuan pendidikan yang dimiliki selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. SMP Negeri 1 Kota Mungkid beralamatkan di Kelurahan Deyangan, Kota Mungkid, Mertoyudan. PPL UNY tahun 2015 yang ditempatkan di sekolah ini dilaksanakan mulai 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini diawali dengan melakukan observasi sekolah, baik yang berkenaan dengan kondisi fisik sekolah maupun yang berkenaan dengan proses belajar mengajar di kelas pada bulan Februari 2015. Setelah melakukan observasi, praktikan mendapat data yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan program yang akan dilaksanakan. Berdasarkan hasil observasi, praktikan merencanakan untuk program non mengajar , yaitu upacara hari senin, upacara kemerdekaan, inventaris buku perpustakaan dan Administrasi Tata Usaha. Untuk rancangan kegiatan mengajar, praktikan merencanakan observasi kegiatan pembelajaran di kelas, konsultasi dengan dosen dan guru pembimbing, menyusun perangkat pembelajaran, praktik mengajar, umpan balik dari guru pembimbing, analisis hasil evaluasi, dan penyusunan laporan PPL. Hasil dari pelaksanaan kegiatan PPL ada pada laporan ini. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program kerja PPL 2015 dapat berjalan lancar meskipun ada beberapa kendala terkait sarana dan prasarana pembelajaran yang ada di sekolah.. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 berjalan dengan lancar. Untuk pelaksanaan PPL, praktikan mengampu siswa kelas X IS 3 dan kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4, Sebelum praktik mengajar, praktikan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, daftar hadir siswa, dan laporan harian pelaksanaan mengajar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa serta siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34718

Actions (login required)

View Item View Item