LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X KOTA MAGELANG Jl. Ahmad Yani No. 20 Kota Magelang

Rizal Nurman Wijaya, Rizal Nurman Wijaya (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X KOTA MAGELANG Jl. Ahmad Yani No. 20 Kota Magelang. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. PENGESAHAN ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II dan III.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan majerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengambangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, (2) memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik terikat atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kegiatan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan, (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan PPL dilaksanakan secara beberapa tahap mulai dari observasi sekolah, micro teaching, pelaksanaan PPL di sekolah dan penyusunan laporan. Dalam prakatik mengajar praktikan mengampu mata pelajaran Persiapan Pengolahan Masakan Indonesia di kelas X Jasa Boga 1 dan mata pelajaran Pengolahan Masakan Pada Kesempatan Khusus di kelas XII Jasa Boga. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan adalah brainstorming, ceramah, latihan soal, diskusi, tanya jawab, talking stick, dan snowball throwing. Praktik mengajar di dalam kelas dilakukan secara terbimbing, artinya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru pembimbing mendampingi atau memberikan pengawasan dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan PPL adalah (1) PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam praktik keguruan atau praktik kependidikan, (2) PPL sebagai sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan professional, (3) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah secara nya

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Tujuan dan Kesimpulan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34715

Actions (login required)

View Item View Item