LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X MAGELANG

Syabina Putri Rahardjani, Syabina Putri Rahardjani (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIUS X MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ISI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga pendidikan. (2) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga pendidikan,baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasi secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendididkan. (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga pendidikan dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendididkan terkait. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Pius X Magelang dilakukan secara bertahap dimulai dari proses observasi hingga pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL dibagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Dalam praktik mengajar (PPL) praktikan mengampu 3 mata pelajaran, yaitu Pengolahan Kue Nusantara kelas X Patiseri, Hidangan Khusus kelas XI Jasa Boga, dan Pengolahan Makanan Kontinental kelas XII Jasa Boga. Alokasi waktu jam mengajar dalam satu minggu adalah 16 jam (@45 menit). Metode mengajar yang sering digunakan adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, pengamatan, serta praktek. Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan atau praktik kependidikan. (2) PPL merupakan salah satu sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memeiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional. (3) PPL membantu mahasiswa/praktikan untuk belajar bagaimana cara berinteraksi dengan siswa baik di dalam kelas (proses pembelajaran) maupun di luar kelas (di luar jam pelajaran), sehingga mahasiswa/praktikan semakin sadar akan perannya sebaga calon guru atau tenaga kependidikan yang wajib memberikan teladan dan mampu mengayomi siswanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMK Pius X Magelang, Keterampilan Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34711

Actions (login required)

View Item View Item