PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 SMK Muhammadiyah 1 Salam

YUAN RIDO ANGGARTA, YUAN RIDO ANGGARTA (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 SMK Muhammadiyah 1 Salam. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 halaman pengesahan.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan.Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 10 September 2015 yang diisi dengan observasi kelas dan lembaga, konsultasi, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi ajar dan media pembelajaran, praktik mengajar, dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah seluruh Teknik Pemesinan serta pendampingan dan tim teaching Kegiatan Belajar Mengajar CNC dan Auto Cad. Mata Pelajaran yang diampu adalah Alat Ukur untuk siswa kelas X dari X MP A – X MP C. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke dunia pendidikan sebagai seorang tenaga pendidik yang baik. Melalui program ini, Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang andal serta melatih komunikasi yang baik dengan seluruh komponen sekolah. Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Salam ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu fungsi kehumasan mahasiswa sehingga sekolah dapat menjadi mitra Universitas Negeri Yogyakarta untuk melaksanakan PPL tahun berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Simulasi Digital, PPL UNY 2015, SMK Muhammadiyah 1 Salam, TEKNIK PEMESINAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34696

Actions (login required)

View Item View Item