IMPLEMENTASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Dika, Resti Juniati (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dika Resti Juniati_11101241031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi program praktik kerja industri kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK N 7 Yogyakarta yang dijabarkan dalam tiga tahapan yaitu (1) persiapan (2) pelaksanaan dan (3) evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Yogyakarta. Informan penelitian ini adalah Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi, Guru Pembimbing dan Siswa yang sudah melaksanakan praktik kerja industri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Implementasi Program prakerin meliputi 3 tahapan: a) Persiapan dalam penyelenggaraan program praktik kerja industri di SMK N 7 Yogyakarta meliputi: (1) Penentuan tujuan dan sasaran program, (2) Pemetaan Dunia Kerja, (3) Kesiapan Sumber Daya Manusia, (4) Kurikulum dan, (5) Ketersediaan Sarana Prasarana. b) Pelaksanaan program praktik kerja industri mencakup: (1) waktu pelaksanaan : program prakerin dengan jangka 3 bulan masih sering berubah, (2) kinerja siswa: selama program prakerin berlangsung kinerja siswa sudah baik dengan melihat penilaian pada aspekteknis dan non teknis, 3) pembimbingan: dari guru sekolah masih kurang maksimal karena tidak sesuai dengan aturan yang mengharuskan pembimbingan 2 minggu sekali, c) evaluasi: belum berjalan dengan sebagaimana mestinya, karena sekolah hanya melakukan evaluasi program sebatas pada penilaian yang di dapatkan dari lembaga DU/DI. Begitu juga untuk proses tindak lanjut, sekolah hanya sekedar meminta masukan dari lembaga DU/DI belum meperhatikan tanggapan siswa setelah melaksanakan program prakerin. 2) Kendala – kendala dalam pelaksanaan program prakerin yaitu pada pemetaan dunia kerja dan penggunaan alat-alat kantor di lembaga DU/DI yang belum dimengerti oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34695

Actions (login required)

View Item View Item