PENINGKATAN MINAT BELAJAR K3LH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI SLEMAN

Rr. Andini, Solita Zatmidisuwa (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR K3LH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rr Andini Solita Zatmidisuwa - 08513245014.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MINAT BELAJAR K3LH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI SLEMAN Oleh: Rr. Andini Solita Zatmidisuwa 08513245014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point 2) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran K3LH melalui model Pembelajaran NHT berbantuan media power point 3) mengetahui minat belajar K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point 4) mengetahui peningkatan minat belajar K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK SMK Karya Rini YHI Kowani Sleman, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X Busana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa, observasi pelaksanaan model pembelajaran, observasi aktivitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan judgment expert. Uji reliabilitas angket minat belajar menggunakan rumus Alfa Cronbach dan uji reliabilitas lembar observasi menggunakan antar rater. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan untuk penelitian ini ada peningkatan minat belajar siswa > 75% termasuk dalam kategori tinggi. Hasil menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point terdiri dari tahap-tahap menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, membimbing kelompok bekerja dan belajar dengan NHT, evaluasi dan memberikan penghargaan 2) aktivitas siswa pada pembelajaran K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point terdiri dari tahap-tahap memperhatikan tujuan dan motivasi dari guru, memperhatikan informasi, memperhatikan cara mengorganisasikan diri ke dalam kelompok kooperatif, bekerja dan belajar dalam kelompok menggunakan NHT, memperhatikan evaluasi dari guru dan menerima penghargaan 3) minat belajar K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point meliputi minat belajar yang ditinjau dari aspek ketertarikan, perhatian, perasaan senang, harapan, kebutuhan, dan motivasi 4) terdapat peningkatan minat belajar K3LH melalui model pembelajaran NHT berbantuan media power point dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,04% dan siklus siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,25%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “model pembelajaran NHT berbantuan media power point dapat meningkatkan minat belajar K3LH” dapat diterima. Kata Kunci: minat belajar, K3LH, model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item