PEMANFAATANTEKNOLOGIINFORMASIDANKOMUNIKASIOLEH PEGAWAIDIDINASPENDIDIKANKOTAYOGYAKARTA

AnnissaSuci, Nurdiana (2016) PEMANFAATANTEKNOLOGIINFORMASIDANKOMUNIKASIOLEH PEGAWAIDIDINASPENDIDIKANKOTAYOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annissa Suci N_11101241001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),untuk mengetahui kendala dan solusi oleh pegawai di Bagian Umum,Kepegawaian,sertaAdministrasi DatadanPelaporandi Dinas PendidikanKota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan model Miles Huberman. Penelitian ini dilaksanakandi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunkan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan triangulasi metode. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Umum, Pegawai BagianKepegawaian, Kepala Sub Bagian Administrasi Data dan Pelaporan. Hasil penelitian pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh pegawai di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menunjukan sebagai berikut: (1)Di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian,adalah program pokok lebih sering digunakan untuk menyelesaikan tugas pokok dan fungsi harian dibandingkan program pengembangan yang bersifat isidental, (2) Di Sub Bagian Administrasi Data dan Pelaporan para pegawai lebih rutin menggunakan program pengembangandibandingkan dengan program pokok. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh pegawai di Dinas memiliki kendala yakni: (1) Software Sistem Informasi Manajemen yang baru dari pemerintah pusat tidak diiringi dengan pelatihan secara menyeluruh untuk pegawai, (2) Pelimpahan beban kerja dari pegawai satu ke pegawai yang lebih terampil, (3) Adanya pelatihan pengenalan software baru hanya bersifat formalitas tanpa memperhatikan hasil ketercapaian peserta. Adapun solusinya sebagai berikut: (1) Diadakan pelatiahan software secara menyeluruh sesuai tupoksi, (2) Pelatiha softwaremenjadi acuan peningkatan golongan jabatan,(3) Pemberian reward bagi pegawai yangmenyelesaikantugas dengantepat waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34691

Actions (login required)

View Item View Item