Annisa, Lestari Widodo (2016) IMPLEMENTASIKURIKULUMTERPADUDISATUANPAUDSEJENIS (SPS)BERBASISALAMSTUDIKASUS SPSALAMEDELWYSDESA PALBAPANGBANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitianini bertujuanuntukmendeskripsikan: (1) Implementasi kurikulum terpadu pada Satuan Paud Sejenis (SPS) berbasis Alam di SPS Alam Edelwys; (2) faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penyelenggaraan kurikulum terpadupadaSPS berbasis Alam di SPS Alam Edelwys Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan bulan Desember 2015-Januari 2016 di SPS Alam Edelwys Desa Palbapang Bantul. Informan pada penelitian ini adalah pengajar dan kepala lembaga SPS Alam Edelwys. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatifdenganmodel interaktifMilles danHuberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Implementasi kurikulum terpadu berbasis Alam di SPS Alam Edelwys terdiri dari 3 tahap yakni perencanaan meliputi penyusunan SKH dan RKM pada awal tahun pembelajaran, pelaksanaan meliputi persiapan media; metode; pengelolaan kelas dan interaksi dalam pembelajaran sudah terlaksana, evaluasi meliputi teknik evaluasi pembelajaran alam belum terlaksana. (2) faktor pendukung dalam penyelenggaran kurikulum terpadu adalah kondisi alam sekitar, masyarakat, dan kerjasama pengajar; faktor penghambatnya adalah terbatasnya sumberdaya manusia dan sarana prasarana pendukungpembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 03:02 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |