IMPLEMENTASIKURIKULUMTERPADUDISATUANPAUDSEJENIS (SPS)BERBASISALAMSTUDIKASUS SPSALAMEDELWYSDESA PALBAPANGBANTUL

Annisa, Lestari Widodo (2016) IMPLEMENTASIKURIKULUMTERPADUDISATUANPAUDSEJENIS (SPS)BERBASISALAMSTUDIKASUS SPSALAMEDELWYSDESA PALBAPANGBANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitianini bertujuanuntukmendeskripsikan: (1) Implementasi kurikulum terpadu pada Satuan Paud Sejenis (SPS) berbasis Alam di SPS Alam Edelwys; (2) faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penyelenggaraan kurikulum terpadupadaSPS berbasis Alam di SPS Alam Edelwys Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan bulan Desember 2015-Januari 2016 di SPS Alam Edelwys Desa Palbapang Bantul. Informan pada penelitian ini adalah pengajar dan kepala lembaga SPS Alam Edelwys. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatifdenganmodel interaktifMilles danHuberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Implementasi kurikulum terpadu berbasis Alam di SPS Alam Edelwys terdiri dari 3 tahap yakni perencanaan meliputi penyusunan SKH dan RKM pada awal tahun pembelajaran, pelaksanaan meliputi persiapan media; metode; pengelolaan kelas dan interaksi dalam pembelajaran sudah terlaksana, evaluasi meliputi teknik evaluasi pembelajaran alam belum terlaksana. (2) faktor pendukung dalam penyelenggaran kurikulum terpadu adalah kondisi alam sekitar, masyarakat, dan kerjasama pengajar; faktor penghambatnya adalah terbatasnya sumberdaya manusia dan sarana prasarana pendukungpembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34690

Actions (login required)

View Item View Item