PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH DI SMP NASIONAL BANTUL

Nur, Johani (2016) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH DI SMP NASIONAL BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Johani_09101244002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah dan Perankepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kultur sekolah di SMP Nasional Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf administrasi dan siswa di SMP Nasional Bantul. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan memverifikasi data yang diperoleh dari lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Kultur sekolah di SMP Nasional Bantul dilihat dari artifak yaitu tata letak bangunan, fasilitas sekolah, kebersihan/keasrian sekolah, koleksi buku perpustakaan, dan media pembelajaran. Perilaku warga sekolah yang ada di SMP Nasional Bantul dapat dilihat dari pelaksanaan nilai keagamaan yaitu doa bersama disetiap pagi, shalat dzuhur berjama’ah dan selain itu terjadi kesenjangan antara guru PNS dan Non PNS, banyak siswa yang kurang disiplin, serta menjalankan tupoksi dan tanggungjawab pada seluruh warga sekolah. Nilai-nilai dan norma-norma sekolah dapat ditemuakan adanya slogan-slogan di sekolah dan visi-misi sekolah sebagai pencapaian target sekolah. (2) Peran kepemimpinan kepala sekolah di SMP Nasional Bantul menerapkan menerapkan prinsip “handarbeni”dalam kebijakannya kepala sekolah mengambilan keputusan melihat apa yang menjadi permasalahan dan mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang. Kepala sekolah juga membangun adanya komunikasi dan koordinasi, pembinaan minat bakat siswa, menciptakan iklim kerja yang kondusif, penataan lingkungan fisik, dan pemanfaatan perkembangan teknologi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34680

Actions (login required)

View Item View Item