PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PERSEGI PECAHAN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Robiyanto, Robiyanto (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PERSEGI PECAHAN PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Robiyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan alat peraga yang kurang. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan menggunakan alat peraga persegi pecahan pada siswa kelas VA SD Negeri Golo Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu 27 siswa kelas VA SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terhadap guru dan siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, siswa serta tes tertulis. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alat peraga persegi pecahan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari hasil yang diperoleh siswa selama tindakan. Pada pratindakan terdapat 10 siswa atau 40% siswa yangmemperoleh nilai ≥70 . Pada siklus I terdapat 15 siswa atau 62,5% siswa yang memperoleh nilai ≥70. Dilakukan perbaikan dari siklus I untuk diterapkan pada siklus II. Pada siklus II terdapat 21 siswa atau 80,76% siswa yangmemperoleh nilai ≥70. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 73,12 pada siklus I menjadi 80,96 pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, alat peraga, persegi pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34659

Actions (login required)

View Item View Item