LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Widhihastu Dharma Setiawan, Widhihastu Dharma Setiawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK NEGERI 1 SEYEGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL-Widihihastu-12504241039.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 SKS. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu misi dari praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah penyiapan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Seyegan yang beralamat di Jalan Kebonagung Jamblangan Margomulyo Sleman dilaksanakan selama kurang lebih 1 (Satu) bulan dimulai dari tanggal 10 September 2015 sampai dengan 11 November 2015 yang ditandai dengan penerjunan langsung ke sekolah oleh UPPL LPPMP melalui DPL PPL masing-masing. Selanjutnya diterima oleh Koordinator PPL Sekolah dan seluruh Ketua Paket Keahlian (KPK). Kegiatan pelaksanaan PPL dibagi menjadi 3 (tiga) bagian pokok yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, dan 3) Evaluasi Pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diantaranya persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Persiapan Jadwal Mengajar, Persiapan Modul ajar, Bahan Evaluasi dan Media Pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan seminggu sekali sesuai jadwal merupakan implementasi dari perencanaan yang telah dibuat. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan ,menggunakan kurikulum 2013 dengan metode belajar scientific, namun pada kenyataannya pembelajaran dengan kurikulum 2013 tidak dapat dilakukan dengan maksimal karena faktor pendukung yang kurang lengkap. Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui hasil ketercapaian siswa dalam mengikuti pembelajaran yang ditunjukan dengan hasil ujian yang harus mencapai nilai KKM 78. Dari hasil nilai tugas harian dan ulangan harian dapat diketahui masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM, hal ini mungkin disebabkan belum terlaksananya kurikulum 2013 secara maksimal sehingga siswa kurang memahami materi, sehingga perlu dilakukan kajian tentang metode belajar yang tepat dengan fasilitas yang ada sehingga pelaksanaan PPL akan lebih baik lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Seyegan, Pembelajaran, KKM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item View Item