PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N SABRANGLOR TRUCUK KLATEN

Setianingrum, Riesa Dewi (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N SABRANGLOR TRUCUK KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Riesa Dewi Setianingrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Sabranglor Trucuk Klaten. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model jigsaw dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran jigsaw sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah populatif dengan jumlah populasi sebanyak 21 pada SD N 2 Sabranglor dan 20 siswa pada SD N 1 Sabranglor. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Sabranglor Trucuk Klaten. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil selisih mean pretest-posttest kelompok eksperimen dengan mean pretest-posttest kelompok kontrol. Hasil perhitungan selisih mean pretest-posttest kelompok eksperimen sebesar 20,95 sedangkan selisih mean pretest-posttest kelompok kontrol sebesar 16,60. Berdasarkan beberapa hasil perhitungan nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest di atas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item