HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA JURUSAN TATA BOGA KOSENTRASI JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON

Aturdian, Pramesti (2016) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA JURUSAN TATA BOGA KOSENTRASI JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI88.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA JURUSAN TATA BOGA KOSENTRASI JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON Oleh: Aturdian Pramesti NIM 13511242004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat self esteem pada diri siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga dalam mata pelajaran makanan kontinental di SMK N 1 Sewon; (2) tingkat prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental pada siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga di SMK N 1 Sewon; (3) hubungan antara self esteem dengan prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental pada siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Sampel penelitian ini adalah siswa jasa boga SMK N I Sewon sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel self esteem menggunakan angket tertutup dan prestasi belajar menggunakan dokumentasi tertulis atau nilai rapot. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskrptif data untuk mengetahui gambaran variabel dan korelasi product moment untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat self esteem pada siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga di SMK N 1 Sewon berkategori sedang yaitu 58,33%, (2) tingkat prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental pada siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga SMK N 1 sewon telah melewati nilai minimal ketuntasan mata pelajaran makanan kontinental SMK N 1 Sewon, walaupun nilai ketuntasan minimal dalam ranah penilaian kognitif 56,94% dan psikomotor 38,89% berkategori sedang, serta afektif 84,72% berkategori rendah, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self esteem terhadap prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental pada siswa jurusan tata boga kosentrasi jasa boga SMK N 1 Sewon. Hal ini terbukti dengan korelasi product moment, antara self esteem dan prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental dalam ranah penilaian kognitif sebesar 0,401, afektif sebesar 0,259 dan psikomotor sebesar 0,412. Dan Koefisien determinasi, self esteem mempunyai hubungan sebesar 1,61% terhadap prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental dalam ranah penilaian kognitif, sebesar 0,67% dalam ranah penilaian afektif dan sebesar 1,68% dalam ranah penilaian psikomotor, sedangkan prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental yang dipengaruhi oleh faktor lain dalam ranah penilaian kognitif sebesar 98,39%, afektif sebesar 99,33%, dan psikomotor sebesar 98,32%. Kata Kunci: self esteem, prestasi belajar mata pelajaran makanan kontinental.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item