MODIFIKASI SISTEM KELISTRIKAN BODI MOBIL TOYOTA HI-ACE

YAYAN YUDHI, KRISTIANTO (2011) MODIFIKASI SISTEM KELISTRIKAN BODI MOBIL TOYOTA HI-ACE. [Experiment/Research] (Submitted)

[img]
Preview
Text
MODIFIKASI_SISTEM_KELISTRIKAN_BODI_MOBIL_TOYOTA_HI-ACE.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah merencanakan proses modifikasi pada sistem kelistrikan bodi mobil, melaksanakan proses modifikasi pada sistem kelistrikan bodi mobil dan mengetahui kinerja sistem kelistrikan bodi mobil Toyota Hi-Ace hasil modifikasi. Proses modifikasi pada sistem kelistrikan bodi mobil Toyota Hi-Ace dilakukan dengan mengganti kabel bodi Toyota Hi-Ace dengan Mitsubishi Colt dikarenakan sulitnya mencari berbagai macam warna kabel dan kualitas kabel. Perbaikan meliputi sistem penerangan utama (lampu kepala, jarak atau tail, plat nomor, ruangan), lampu-lampu isyarat (isyarat tanda belok, berhenti, mundur), isyarat bunyi, lampu indikator (indikator dim/flash, tanda belok, tekanan oli), indikator bahan bakar, indikator temperatur, wiper dan washer, pengaplikasian relay dan fusible link pada sistem kelistrikan. Proses pelaksanaan modifikasi yaitu dengan identifikasi komponen, pelepasan semua komponen kelistrikan bodi yang masih ada, melakukan beberapa modifikasi seperti memperbesar diameter switch dim/ flash pada poros kemudi, pembuatan dudukan relay, fusible link, washer tank, lampu ruangan, pemasangan jaringan kabel bodi sesuai lay out Toyota Hi-Ace, pembungkusan kabel dengan corrugate tube, pemasangan komponen-komponen kelistrikan bodi, dan pengujian fungsi komponen sistem kelistrikan bodi. Berdasarkan hasil modifikasi yang dilakukan pada mobil Toyota Hi-Ace maka dapat disimpulkan 1) memahami dan mengidentifikasi karakteristik Toyota Hi-Ace dengan Mitsubishi COLT, mengidentifikasi komponen pada Toyota Hi-Ace, mengganti kabel bodi Toyota Hi-Ace dengan Mitsubishi COLT dan mengubah lay out jaringan kabel, menambah panjang kabel pada bagian lampu belakang dan pada switch mundur, penambahan kabel dan penyambungan dengan skun pada fuse box, membuat dudukan fuse box dan relay, lampu ruangan, saklar tarik wiper washer, kunci kontak, fusible link, membungkus kabel dengan corrugate tube, pengurasan dan pengelasan tangki bahan bakar, melakukan pengukuran pada sistem kelistrikan; 2) proses modifikasi dilakukan meliputi pemahaman karakteristik Hi-Ace dengan COLT, hasil identifikasi komponen, observasi dan pembelian komponen, penggantian komponen dan modifikasi, perakitan semua komponen, pengukuran pada sistem kelistrikan, pengujian kinerja semua sistem kelistrikan; 3) dengan menghidupkan semua sistem secara berulang dan dalam jangka waktu tertentu, semua komponen sistem kelistrikan dapat bekerja dengan baik. Hasilnya yaitu kabel tidak panas dan tidak putus, sekering tidak panas, semua pengaman pada semua sistem kelistrikan dinyatakan aman, serta kebutuhan akan daya listrik dengan penggunaan komponen yang ada dapat tercukupi.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item