PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRADING POLA BLUS BERBANTUAN ADOBE FLASH DENGAN METODE PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA SMK TATA BUSANA

Etik, Ratnawati (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRADING POLA BLUS BERBANTUAN ADOBE FLASH DENGAN METODE PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA SMK TATA BUSANA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS Etik Ratnawati (11513241012).pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRADING POLA BLUS BERBANTUAN ADOBE FLASH DENGAN METODE PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA SMK TATA BUSANA Oleh: Etik Ratnawati NIM. 11513241012 ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran grading pola blus berbantuan Adobe Flash CS3, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran grading pola blus berbantuan Adobe Flash CS3, 3) mengetahui pelaksanaan pembelajaran grading pola blus dengan metode STAD berbantuan Adobe Flash CS3, 4) mengetahui hasil belajar grading pola blus menggunakan media berbantuan Adobe Flash CS3, 5) mengetahui pendapat siswa tentang media pembelajaran grading pola blus berbantuan Adobe Flash CS3. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Tim Puslitjaknov. Prosedur pengembangan terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba skala kecil dan revisi; (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa pada kelas XI Tata Busana. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, unjuk kerja dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan meminta pertimbangan ahli (Judgement Expert) dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk media dikembangkan berdasarkan prosedur pegembangan oleh Tim Puslijaknov menghasilkan media berbentuk CD interaktif berisi program Adobe Flash CS3 dengan materi grading pola blus yang diterapkan menggunakan metode STAD; 2) media pembelajaran grading pola blus berbantuan Adobe Flash CS3 dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi oleh 2 orang ahli materi dengan skor rerata 13 (100%) dan 2 orang ahli media dengan skor rerata 15 (100%); 3) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran STAD pada uji coba skala kecil dalam kategori terlaksana dengan baik (71,05%) dan pada uji coba skala besar dalam kategori terlaksana dengan sangat baik (92,1%); 4) hasil belajar grading pola blus menggunakan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash pada uji coba skala kecil sebagian besar siswa (70%) sudah mencapai KKM, sedangkan pada uji coba skala besar seluruh siswa (100%) sudah mencapai KKM; 5) pendapat siswa tentang media pembelajaran berbantuan Adobe Flash pada uji coba skala kecil sebagian besar (70%) dalam kategori baik dan lainnya (30%) dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada uji coba skala besar sebagian besar (55,5%) dalam kategori sangat baik dan sisanya (44,5%) dalam kategori baik. Kata kunci: Media Pembelajaran berbantuan Adobe Flash, Metode Pembelajaran STAD, Grading Pola Blus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item