PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SEBAYA (PEER LEARNING) TERHADAP PEMBENTUKKAN KARAKTER CERDAS HOLISTIK SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Syaifullah, Syaifullah (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SEBAYA (PEER LEARNING) TERHADAP PEMBENTUKKAN KARAKTER CERDAS HOLISTIK SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
syaifullah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SEBAYA (PEER LEARNING) TERHADAP PEMBENTUKKAN KARAKTER CERDAS HOLISTIK SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Syaifullah NIM. 09503244015 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui hasil penerapan metode peer learning siswa jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat kecenderungan pembentukan karakter cerdas holistik pada siswa jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, (3) mengetahui berapa besar pengaruh antara penerapan metode peer learning dengan tingkat pembentukan karakter cerdas holistik siswa jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TP A (Teknik Pemesinan A) SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta sejumlah 33 anak. Ukuran sampel penelitian apabila dibawah 100 orang, maka sampel diambil semua dan disebut penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan sarana kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui: (1) penerapan metode peer learning dari data kompetensi menggambar dengan sistem CAD, ada peningkatan ratarata nilai akhir kompetensi pada siklus I 79 (79%), siklus II 84 (84%) dan tetap pada siklus III 84 (84%), (2) tingkat kecenderungan hasil penerapan metode pembelajaran peer learning berpusat pada kategori rendah yang dicapai oleh 8 siswa atau sebesar 40%, namun kesimpulan tersebut tidak bisa langsung dikategorikan rendah karena jika dibandingkan dengan nilai KKM untuk mata pelajaran CAD siswa jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta yaitu 75, sehingga masuk kategori tinggi/di atas nilai KKM, (3) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan metode pembelajaran peer learning terhadap pembentukkan karakter cerdas siswa jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,221, koefisien determinan (r lebih kecil dari r tabel 2 ) sebesar 0,049 atau sebesar 4,9%, r ii hitung (0,221 >0,444) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 78,410 + (-0,417)X. Kata kunci: sebaya, peer learning, pembentukkan karakter, cerdas, holistik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34647

Actions (login required)

View Item View Item