PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI BATIK JUMPUTAN KELAS XI SMK NEGERI 1 GESI SRAGEN

Annisa, Nur Rahmah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI BATIK JUMPUTAN KELAS XI SMK NEGERI 1 GESI SRAGEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI99.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI BATIK JUMPUTAN KELAS XI SMK NEGERI 1 GESI SRAGEN Oleh: Annisa Nur Rahmah NIM 13513247003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan model kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi pembuatan batik jumputan di kelas XI SMK Negeri 1 Gesi Sragen. 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran batik jumputan kelas XI SMK Negeri 1 Gesi Sragen dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan handout. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian Kammis dan Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 1 di SMK N 1 Gesi yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan handout untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi batik jumputan di SMK N 1 Gesi. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa setelah siswa lebih aktif saat pembelajaran batik jumputan yang menggunakan model kooperatif tipe jisaw. (2) observasi untuk mengetahui partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Uji validitas dan reliabilitas instrumen lembar observasi, materi, dan media pembelajaran menggunakan validitas konstrak, dengan meminta pertimbangan tiga ahli (judgment experts) untuk tes pilihan ganda diuji cobakan ke siswa yang karakteristiknya sama dengan subyek penelitian dan uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw diterapkan sesuai sintak pelaksanaan jigsaw. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMK N 1 Gesi. Secara keseluruhan, presentase skor keaktifan belajar materi batik jumputan pada pra siklus 68,50%. Pada siklus I terdapat delapan indikator yang sudah tuntas dan delapan indikator belum tuntas. Kemudian keseluruhan, presentase skor keaktifan belajar batik jumputan pada siklus I sebesar 79,32%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, keaktifan siswa pada setiap indikator sudah mencapai 80%. Sehingga dikatakan bahwa siklus II meningkat menjadi 90,38 %. Sehingga hipotesis yang berbunyi “model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi batik jumputan kelas XI SMK N 1 Gesi”, dapat diterima. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, peningkatan keaktifan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34646

Actions (login required)

View Item View Item