ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN PSKO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Indra, Rispriyanto (2016) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN PSKO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_Indra Rispriyanto_09504244004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN PSKO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM Oleh: Indra Rispriyanto NIM. 09504244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran perbaikan sistem kelistrikan otomotif (PSKO) ditinjau dari faktor internal dan faktor ekternal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis mengenai apa yang menjadi tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan yaitu XI TKRA dan XI TKRB dengan jumlah sebanyak 58 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian populasi sehingga seluruh responden digunakan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran perbaikan sistem kelistrikan otomotif (PSKO) jika ditinjau dari faktor internal adalah faktor kebiasaan belajar dengan skor sebesar 15,48%, faktor minat sebesar 15,03%, faktor motivasi sebesar 14,80%, faktor bakat sebesar 14,01%, faktor kesehatan sebesar 13,78%, pemahaman terhadap tujuan belajar sebesar 13,25%, dan faktor kemampuan kognitif sebesar 13,03%. Sedangkan jika ditinjau dari faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sosial sekolah dengan skor sebesar 22,30%, faktor kondisi gedung sebesar 21,01%, faktor lingkungan masyarakat sebesar 19,29%, faktor lingkungan keluarga sebesar 18,70%, dan faktor guru sebesar 18,33%. Kata kunci: faktor, kesulitan belajar, PSKO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 09:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34638

Actions (login required)

View Item View Item