Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Pada Pelajaran Muatan Lokal (Kitchen) Di SMK PI Ambarrukmo Di Sleman Yogyakarta

Raf'an, Rafan (2016) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Pada Pelajaran Muatan Lokal (Kitchen) Di SMK PI Ambarrukmo Di Sleman Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Raf'an 07511241009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas XI Pada Pelajaran Muatan Lokal (Kitchen) Di SMK PI Ambarrukmo Di Sleman Yogyakarta Oleh : Raf’an (075112141009) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Pi Ambarrukmo; (2) Mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran muatan lokal kelas XI SMK PI Ambarrukmo; dan (3) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran muatan lokal (kitchen). Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2011 sampai dengan Desember 2011. Tempat penelitian di SMK PI Ambarrukmo Sleman Yogyakarta. Desain penelitian menggunakan ex-post facto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMK PI Ambarrukmo yang mengikuti pelajaran muatan lokal (kitchen) yang berjumlah 60 orang siswa. Sampel penelitian menggunakan kelas XI AP1 sebanyak 30 siswa karena siswa tersebut memiliki kedisiplinan belajar yang baik, mudah diatur dan cepat memahami pelajaran yang diajarkan. Uji coba instrumen dilakukan di SMK PI Ambarrukmo sebanyak 30 siswa kelas XI AP2, hasil uji coba instrumen dihitung dengan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan program SPSS seri 16.0. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, test dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi parsial dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS 16.0 release for Windows.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal memiliki kecenderungan tinggi. Kategori kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran muatan lokal sangat baik 13 siswa (43,3 %), kategori baik 10 siswa (33,3 %), kategori tidak baik 4 siswa (13,3 %), kategori sangat tidak baik 3 siswa (10,0 %). (2); pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran muatan lokal dilihat dari aspek kognitif yang diperoleh siswa masuk dalam kategori tinggi 23 siswa (90 %), kategori sedang 7 siswa (10 %), kategori rendah 0 siswa. Data tersebut menunjukan bahwa pemahaman belajar siswa kelas XI SMK PI Ambarrukmo kecenderungan berpusat pada ketegori sangat baik. (3); Hasil menunjukan bahwa rhitung 0,136 lebih kecil dari r tabel 0,361 yaitu rhitung 0,136 < r tabel 0,361. Hal ini berarti H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga kesimpulan tidak terdapat pengaruh antara kedisiplinan belajar (X) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran muatan lokal (Y) SMK PI Ambarruko Sleman Yogyakarta. Kata kunci : Kedisiplinan belajar siswa, Pemahaman belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item View Item