PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TRANSMISI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Adi, Rukmana Putra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TRANSMISI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Adi Rukmana Putra 10504244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TRANSMISI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Adi Rukmana Putra 10504244002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat transmisi kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain pretest-posttest only control group design, bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam waktu efektif 3 pertemuan mulai tanggal 29 juli sampai 29 agustus 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian yang diambil adalah 2 kelas untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil nilai pengisian angket motivasi belajar maupun nilai hasil belajar pada tiap kelas. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Diketahui nilai kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t dua sampel independen dengan taraf signifikasi 0,05 menggunakan bantuan spss 16. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi maupun hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap motivasi belajar, yang dapat ditunjukkan dengan perhitungan uji-t didapatkan nilai t hitung (4,070) > t tabel (2,001) yang berarti bahwa motivasi belajar kelas eksperimen berbeda dengan motivasi belajar kelas kontrol, hal tersebut didukung dengan perolehan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebagian besar siswa (53,34%) dari 30 siswa masuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk motivasi belajar kelas kontrol sebagian besar (66,67%) dari 30 siswa masuk dalam kategori cukup. (2) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar, yang dapat ditunjukan dengan perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung (8,323) > t tabel (2,001) yang berarti bahwa hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar kelas kontrol, hal tersebut diperkuat dengan nilai hasil belajar kelas eksperimen ada 12 siswa (40%) dari 30 siswa mendapatkan nilai di atas 75 sehingga masuk dalam kategori tuntas, sedangkan nilai hasil belajar kelas kontrol semua siswa (100%) dari 30 siswa menadapatkan nilai di bawah 75 sehingga masuk dalam kategori belum tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:32
Last Modified: 15 Jun 2016 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34624

Actions (login required)

View Item View Item