PARTISIPASI INDUSTRI DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN

Lailul Bait, Musfaul (2016) PARTISIPASI INDUSTRI DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PARTISIPASI INDUSTRI DALAM PRAKERIN PROGRAM KEAHLIAN TKR PIRI SLEMAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Kompetensi produktif yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan Praktik Kerja Industri(Prakerin) dan (2) untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk partisipasi industri dalam pelaksanaan Prakerin Program Studi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik subjek yang diteliti secara tepat, kemudian memaparkannya secara lugas seperti apa adanya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh industri mitra kerjasama Prakerin program keahlian TKR SMK PIRI Sleman berjumlah 25 Industri yang terdiri dari 4 ATPM, 2 Industri kemitraan dan 19 industri jasa perbaikan kendaraan di Kabupaten Sleman. Metode pengambilan data menggunakan angket/kuisioner semi‒ terbuka dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis deskriptif kualitatif dengan penjelasan. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1)Pekerjaan-pekerjaan yang diberikan oleh Industri merupakan komptensi produktif yang telah diajarkan disekolah, intensitas pelaksanaannya di setiap Industri berbeda-beda mengacu pada layanan yang dimiliki oleh industri dan sumber daya yang dimiliki oleh Industri. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi produktif pada Dasar Kompetensi Kejuruan dengan rerata sebesar 9,2(37%), Kompetensi Engine dengan rerata sebesar 9,1(37%), dan kompetensi Sistem Pemindah Tenaga dengan rerata sebesar 8,9(36%), sedangkan kelompok kompetensi Chasis diperoleh nilai rerata sebesar 11,2(45%) serta pada kompetensi bidang Kelistrikan didapatkan nilai rerata kelompok sebesar 9,2(37%). Komptensi produktif yang dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan Prakerin secara keseluruhan didapatkan rerata sebesar 38% dari keseluruhan komptensi yang ada. (2)Partisipasi industri tidak bisa ditentukan berdasarkan kebutuhan dunia pendidikan khususnya sekolah, melainkan pihak sekolah yang harus melakukan pendekatan-pendekatan yang lebih intensif agar diperoleh kemitraan dengan industri yang lebih baik sehingga kebutuhan sekolah terhadap dunia industri sebagai tempat pembelajaran yang nyata dapat terlaksana. Industri telah memberikan partisipasinya bagi peserta didik berupa suatu wawasan baru dalam pembentukan karakter dan sikap peserta didik melaksanakan pekerjaan. Partisipasi Industri dalam membentuk karakter peserta didik tersebut berupa sikap disiplin dalam bekerja, inisatif dalam pekerjaan, kerjasama dan tanggungjawab dalam pekerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Komptensi Produktif, Implementasi, Prakerin
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:29
Last Modified: 02 Oct 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34622

Actions (login required)

View Item View Item