PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERBANG LOGIKA DAN ALJABAR BOOLEAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Tunas, Bintar Pamungkas (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERBANG LOGIKA DAN ALJABAR BOOLEAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan TAS Tunas Bintar Pamungkas.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERBANG LOGIKA DAN ALJABAR BOOLEAN PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh Tunas Bintar Pamungkas NIM. 13502247008 ABSTRAK Gerbang logika merupakan salah satu materi penting yang terdapat pada pelajaran Elektronika Dasar. Materi ini wajib dikuasai oleh peserta didik kelas X karena sangat membantu pemahaman pada materi berikutnya. Namun dengan metode ceramah yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya dapat memberi gambaran secara umum mengenai materi gerbang logika. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sebuah media pembelajaran interaktif guna meningkatkan kualitas belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif materi gerbang logika dan aljabar boolean untuk siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK N 2 Yogyakarta menggunakan software Adobe Flash CS 6; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif materi gerbang logika dan aljabar boolean untuk siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK N 2 Yogyakarta yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah pengembangan penelitian ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis ( analysis), dasain (design), pengembangan (development), implementasi ( implementation), evaluasi (evaluation). Pengujian alpha testing dilakukan oleh tiga orang ahli media dan dua orang ahli materi, kemudian dilanjutkan dengan pengujian beta testing diimplementasikan pada tiga puluh dua peserta didik kelas X Teknik Audio Video di SMK N 2 Yogyakarta. Media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan berisi penjelasan mengenai gerbang logika dan aljabar boolean. Penilaian kelayakan media pembelajaran pada tahap alpha testing dari ahli media terhadap aspek kualitas teknis 83,33 dengan kategori sangat layak sedangkan penilaian dari ahli materi terhadap aspek kualitas isi dan tujuan 43 dengan kategori sangat layak dan aspek kualitas instruksional 53 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian beta testing media pembelajaran oleh peserta didik pada aspek kualitas isi dan tujuan 25,19 dengan kategori sangat layak, penilaian terhadap aspek kualitas instruksional 37,88 dengan kategori sangat layak dan penilaian terhadap aspek kualitas teknis 56,94 dengan kategori layak. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Gerbang Logika, Aljabar Boolean

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34620

Actions (login required)

View Item View Item