UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBERIAN TUGAS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Purwaka,, Arindra (2011) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PEMBERIAN TUGAS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (document)
EFFORT_TO_IMPROVE_STUDENT_ACHIEVEMENT_ON_ENGINEERING_DRAWING_COURSE_THROUGH_THE_TASK_GIVING_IN_SMK_MUHAMMADIYAH_1_BANTUL.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi siswa pada mata diklat gambar teknik di kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhamadiyah 1 Bantul yang mengikuti pembelajaran dengan diberi tugas secara terstruktur dan yang tidak diberi tugas secara terstruktur, untuk mengetahui adanya peningkatan nilai siswa pada mata diklat gambar teknik di kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhamadiyah 1 Bantul setelah diberi tugas secara terstruktur, dan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas secara terstruktur terhadap nilai siswa pada mata diklat gambar teknik di kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhamadiyah 1 Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana pemilihannya mengacu pada kelompok bukan pada individu. Adapun kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas X/1 TO.1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X/1 TO.2 sebagai kelas kontrol. Jumlah murid dari masing-masing kelas tersebut adalah sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan, serta anava untuk uji linieritas regresi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi siswa yang cukup tinggi pada kelas eksperimen, dan peningkatan yang signifikan pada nilai siswa setelah diberi perlakuan berupa pemberian tugas secara terstruktur. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan dengan hasil belajar siswa yang tidak memperoleh perlakuan, selain itu juga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian tugas pada kelompok eksperimen, yaitu siswa kelas X/1 TO 1 Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan berupa pemberian tugas secara terstruktur berpengaruh terhadap nilai siswa pada mata diklat gambar teknik di Jurusan Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item