EVALUASI PROGRAM PELATIHAN NON INSTITUSIONAL BIDANG KELISTRIKAN DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN SLEMAN

Muhamad, Wahid Dewantara (2016) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN NON INSTITUSIONAL BIDANG KELISTRIKAN DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD WAHID DEWANTARA - 10501244036 - PT ELEKTRO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PROGRAM PELATIHAN NON INSTITUSIONAL BIDANG KELISTRIKAN DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN SLEMAN Oleh: Muhamad Wahid Dewantara NIM 10501244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan variabel antecendents dalam penyelenggaraan program pelatihan non institusional bidang kelistrikan di BLK Kab. Sleman, (2) mengetahui pelaksanaan variabel transaction dalam program pelatihan non institusional bidang kelistrikan di BLK Kab. Sleman, (3) mengetahui pelaksanaan variabel outcomes phase dalam program pelatihan non institusional bidang kelistrikan di BLK Kab. Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Stake Countenance yang terdiri dari 3 aspek, yaitu antecendents, transactions, dan outcomes. Unit analisis penelitian ini adalah peserta pelatihan bidang kelistrikan di BLK Sleman tahun 2014 sebanyak 35 orang dan 2 instruktur pelatihan. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas instrumen dengan margin eror 0,05 diperoleh r = 0,927. Reliabilitas instrumen diperoleh hasil koefisien reliabilitas sebesar r ii xy = 0,962. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) evaluasi variabel antecendents (a) dasar dan tujuan program pelatihan sesuai dengan dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan Program PKTKP, (b) kesiapan penyelenggara indikator keadaan sarana prasarana cukup memadai. Kesiapan dan kelengkapan sarana prasarana 85,34% termasuk kategori baik. (c) Kesiapan instruktur indikator latar belakang pendidikan sudah memenuhi syarat sebagai instruktur. Efektifitas instruktur dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan sudah cukup baik. (d) Kesiapan peserta dari indikator latar belakang pendidikan 97,14% sudah memenuhi syarat pendidikan minimal mengikuti pelatihan. Motivasi peserta mengikuti pelatihan 89,29% termasuk kategori baik. (e) Aspek ketersediaan kurikulum mengacu pada SKKNI serta berbasis kompetensi dan masyarakat. (f) Aspek pengelolaan dan pendanaan pelatihan diperoleh hasil bahwa pendanaan pelatihan bersumber dari berdasarkan DIPA Nomor : 026.13.2.522625/2/2014 tanggal 5 Desember 2014.; (2) evaluasi variabel transaction (a) tingkat ketercapaian materi pelatihan 84,29% termasuk kategori baik. (b) Aspek aktifitas pelatihan pada indikator keaktifan peserta 85,94% dan termasuk kategori baik. Indikator proses pelaksanaan pelatihan 89,58% termasuk kategori baik. Kehadiran peserta pelatihan dan instruktur 100% termasuk kategori baik. (c) Aspek pelaksanaan pelatihan indikator kejelasan tujuan materi 82,50%. Pemberian materi pelatihan 83,10%. Metode pelatihan yang digunakan 80,54%. Indikator pengetahuan instruktur 86,43 %. Interaksi antar personal 82,26 % dan untuk materi ujian akhir 81,43 %. (d) Aspek proses pembelajaran pelatihan dengan indikator hambatan pelaksanaan program tidak ditemukan hambatan yang berarti. (3) evaluasi aspek outcomes dengan indikator rerata hasil ujian peserta pelatihan diperoleh hasil sebesar 78,50% termasuk dalam kategori baik. Hasil tersebut berasal dari penilaian subjektif instruktur. Kata kunci: evaluasi, program pelatihan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item