LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH PERIODE 10 AGUSTUS s.d. 12 SEPTEMBER 2015

Ady Sutoro, Ady Sutoro (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH PERIODE 10 AGUSTUS s.d. 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ady Sutoro_12503244008_FT_Pendidikan Teknik Mesin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. Mata kuliah PPL dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan persiapan yaitu observasi lapangan berupa observasi sekolah, observasi lembaga, dan observasi pembelajaran di kelas. Observasi ini dilakukan sebagai pedoman dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus s.d. 12 September 2015 bertempat di SMK N 2 Pengasih yang beralamat di Jln. KRT. Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran, melakukan praktik mengajar dan terbimbing dan evaluasi. Administrasi mengajar yang dibuat oleh mahasiswa adalah Buku Kerja Guru (BKG) mata pelajaran Teknologi Mekanik kelas X. Secara keseluruhan semua program mengajar dan non mengajat kegiatan PPL berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang sebagai tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMK N 2 Pengasih, Teknologi Mekanik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item View Item