LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: Di SMK N 2 PENGASIH

Yuwono Bimo Purnomo, Yuwono Bimo Purnomo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: Di SMK N 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuwono Bimo Purnomo_12501244007_FT_Pendidikan Teknik Elektro.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembekalan pengajaran mikro sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro, dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (Real teaching) disekolah dalam program PPL. Praktik mengajar terbimbing adalah praktik mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMK N 1 Pengasih, praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) untuk kelas XI TE 1 dan XI TE 2. Untuk hal ini praktikan melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas Teori dan Praktik. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru muda. Harapan ke depan, dengan terus bekerjsama baik dari dua pihak instansi, serta terus memperbaiki kekurangan pelaksanakan PPL, pelaksanakan PPL kedepan akan terus berjalan baik dan terus melihat kompetensi yang harus dicapai dengan pengawasan dilapangan yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34608

Actions (login required)

View Item View Item