PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELASX TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Prayitno, Joko (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELASX TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen pada kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta ditinjau dari segi proses pelaksanaan pembelajaran, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis cerpen kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yang mencakup proses pelaksanaan pembelajaran, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahap memperbandingkan data-data, mengkategorisasi, menyajikan data, dan inferensi berdasarkan teori yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksaanaan pembelajaran menulis cerpen KD 16.2 kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa sudah berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), meski pelaksaanaan pembelajaran pada pertemuan kedua tidak tercantum RPP. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah, diskusi, penugasan, dan tanya jawab. Materi yang digunakan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Guru menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis, buku paket, LKS, dan contoh cerpen. Materi yang digunakan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Materi yang diberikan, yaitu pengertian cerpen, unsur intrinsik cerpen, ejaan, dan pilihan kata. Evaluasi yang digunakan guru, yaitu teknik penugasan dan penilaian hasil. Penilaian dilakukan dengan memerhatikan komponen sastra dan kebahasaan. Komponen sastra terdiri atas aspek tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan gaya bahasa. Komponen kebahasaan terdiri atas ejaan, pilihan kata, dan kesesuaian isi dengan judul. Nilai yang didapat oleh siswa semuanya mencapai ketuntasan minimal. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 60, rata-rata nilai yang didapat oleh siswa adalah 69.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item