Implementasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Modul dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Metrologi

Purnomo , Edy (2009) Implementasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Modul dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Metrologi. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (document)
IMPROVING_THE_QUALITY_OF_TEACHING_AND_LEARNING_OF_METROLOGY_COURSE_THROUGH_THE_IMPLEMENTATION_OF_PROBLEM_BASED_LEARNING__PBL__AIDED_MODULE---.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemandirian mahasiswa dalam Perkuliahan Metrologi dengan menerapkan PBL berbantuan modul; dan untuk mengetahui seberapa jauh perkuliahan Metrologi dengan penerapan PBL berbantuan modul dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa, dokumentasi untuk mendapatkan catatan-catatan penting yang berhubungan dengan masalah pembelajaran, observasi untuk mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku secara langsung kelompok ataupun individu, wawancara digunakan untuk mengungkap data tentang pelaksanaan perkuliahan melalui pendekatan pembelajaran PBL berbantuan modul. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Analisis deskriptif meliputi perhitungan nilai rerata, standar deviasi, dan persentase. Selanjutnya hasil pengamatan masing-masing siklus dipaparkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkuliahan Metrologi dengan pendekatan PBL berbantuan modul dapat meningkatkan aktivitas dan kemandirian mahasiswa, serta dapat meningkatkan kualitas perkuliahan metrologi dan prestasi belajar mahasiswa. Dari nilai rerata yang didapatkan kelas A-1 yang diterapkan metode PBL menunjukkan nilai yang lebih tinggi. Selain itu nilai pos-test menunjukkan peningkatan. Dari nilai pre-test A-1 yang dilakukan reratanya 29,5 menjadi 74,5. dan kelas A-2 dengan rerata pre-test 28,25 menjadi 73,5, memang belumlah merupakan nilai yang tinggi, namun capaian nilai tersebut merupakan peningkatan yang baik dari mahasiswa, dibanding prestasi sebelumnya maupun dari kelas lain yang hasilnya lebih rendah. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan pendekatan PBL menunjukkan arah perbaikan peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Dan berarti pula terdapat peningkatan kualitas perkuliahan metrologi

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item