PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DASAR (DEBIAN CLI) BERBASIS ADOBE FLASH CS 5 ACTION SCRIPT 2 DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Heri, Cahyo Hidayat (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DASAR (DEBIAN CLI) BERBASIS ADOBE FLASH CS 5 ACTION SCRIPT 2 DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DASAR (DEBIAN CLI) BERBASIS ADOBE FLASH CS 5 ACTION SCRIPT 2 DI SMK NEGERI 1 MAGELANG Oleh: Heri Cahyo Hidayat NIM. 10520244075 ABSTRAK Media pembelajaran interaktif belum digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Operasi Dasar di SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada pelajaran Sistem Operasi Dasar (Debian CLI) Berbasis Adobe Flash CS 5 Action Script 2 di SMK Negeri 1 Magelang (2) mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran interaktif pada pelajaran Sistem Operasi Dasar (Debian CLI) Berbasis Adobe Flash CS 5 Action Script 2 di SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan tahapan penelitian (1) Analisis Kebutuhan (2) Desain (3) Implementasi (4) Validasi Ahli (5) Revisi I (6) Uji Pengguna (7) revisi II (8) Produk. Media Pembelajaran Interaktif dikembangkan dengan konten simulasi dan evaluasi yang mengikuti konten simulasi yang ada. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik Analisis data dilakukan dengan analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan produk berupa media pembelajaran interaktif pada pelajaran Sistem Operasi Dasar (Debian CLI) Derbasis Adobe Flash CS 5 action script 2 dan hasil uji kelayakan. Data kelayakan ahli media pada rata-rata 84% termasuk dalam kategori sangat layak, ahli materi pada rata-rata 84% termasuk dalam kategori sangat layak, dan uji coba pengguna atau siswa ada pada rata-rata 87% termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif pada pelajaran Sistem Operasi Dasar (Debian CLI) Berbasis Adobe Flash CS 5 action script 2 Di SMK Negeri 1 Magelang ini sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Operasi Dasar(Debian CLI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34599

Actions (login required)

View Item View Item