LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE : 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 3 SENTOLO

Dati Maryami, Dati Maryami (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE : 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 3 SENTOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PJKR. DATI MARYAMI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta lebih dikenal dengan universitas pencetak tenaga kependidikan di Yogyakarta. Untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga professional, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui salah satu mata kuliah wajib tempuh yaitu PPL. Lokasi praktek melaksanakan PPL adalah di SMP Negeri 3 Sentolo yang beralamatkan di Kaliagung, Sentolo, KulonProgo Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk menerapkan, mengembangkan dan menggali nilai-nilai intelektual mahasiswa dalam kaitannya dengan lingkungan masyarakat Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus – 12 September. Selama satu bulan, para mahasiswa dituntut untuk terjun langsung ke dunia pendidikan yang meliputi pembuatan bahan ajar peserta didik, praktik mengajar, bertemu dengan permasalahan di diri siswa dan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut, evaluasi dan tindak lanjut mengenai pembelajaran dan lainnya Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mengajar Pendidikan Jasmani di kelas IX A-F dengan masing-masing pertemuannya sebanyak 2x40 menit. Kurikulum yang digunakan adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format KTSP. Pendekatan yang digunakan adalah Ekplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan komando, demostrasi, resiprokal, drill, ceramah, Tanya jawab. vii Dalam pelaksanaan PPL, secara umum program ini telah menambah pengalaman yang berharga bagi kemampuan mengajar dan kemampuan manajerial di sekolah yang nantinya menjadi bekal menuju lapangan kerja yang sesungguhnya, yaitu sebagai guru yang profesional serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial yang tinggi baik sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik sehingga dapat membantu siswa sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum. Program PPL yang dibuat telah terlaksana dan tercapai sesuai dengan target. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 3 Sentolo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34591

Actions (login required)

View Item View Item