PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

ANE YANETE, FENNY (2016) PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS_FENNY ANE YANETE_12818244003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan materi kompetensi dasar Menyusun Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningatan motivasi belajar siswa dengan melihat dari aspek kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan siswa melalui aspek tampilan visual media, aspek materi, dan aspek desain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahapan Development, Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi dinilai kelayakan oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media 1 guru Akuntansi, 34 siswa kelas X Akuntansi 2 sebagai siswa uji coba kelas kontrol dan 35 siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui penilaian angket skala 5. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi yaitu: 1) Analysis, 2) Design 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,65 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,57 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,95 dalam kategori Layak. Penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir diperoleh rata-rata skor 3,81 dalam kategori Layak. Dengan demikian Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai Media Pembelajaran. Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan diperoleh peningkatan sebesar 9,24% dari 76,95% menjadi 86,19%. Pada uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -19.650 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Buku Saku, Motivasi Belajar, ADDIE, SMK, Menyusun Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:18
Last Modified: 14 Jun 2016 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item