PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSISTOR MENGGUNAKAN TRAINER TRANSISTOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Syahrudin, Yunus (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSISTOR MENGGUNAKAN TRAINER TRANSISTOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
01 Laporan Tugas Akhir Skripsi - Syahrudin Yunus.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSISTOR MENGGUNAKAN TRAINER TRANSISTOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Syahrudin Yunus NIM. 13502247007 Mata pelajaran elektronika dasar khususnya materi pembelajaran transistor di SMK Muhammadiyah Prambanan selama ini belum menggunakan trainer transistor, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran transistor. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran trainer transistor untuk materi pembelajaran transitor pada siswa kelas X keahlian teknik elektronika industri SMK Muhammadiyah Prambanan; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer transistor untuk materi pembelajaran transitor pada siswa kelas X keahlian teknik elektronika industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian adalah Media Pembelajaran Trainer Transistor. Tahap pengembangan produk antara lain: mendesain boks dan rangkaian transistor, memvalidasi desain ke ahli, merealisasikan desain, mengujicobakan kedosen dan guru, mengujicobakan ke siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Adapun validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli materi dan dua ahli media, serta ujicoba pemakaian dilakukan kepada siswa. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran telah berhasil dikembangkan, yang terdiri dari 6 blok rangkaian utama dan media cetak (buku panduan dan job sheet). Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa hasil unjuk kerja media pembelajaran sudah sesuai dengan rancanganya sebagai media pembelajaran trainer transistor. Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat validitas dengan presentase 86,72% kategori sangat layak. Tingkat validasi konstuk oleh ahli media memperoleh tingkat validitas dengan presentase 87,30% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji pemakaian oleh siswa mendapat hasil sebesar 85,74 % dengan kategori sangat layak. Kata kunci: trainer, media pembelajaran, transistor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item