PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN PRAKTEK INVENTOR

PRASETYA , DWI NUGROHO (2011) PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN PRAKTEK INVENTOR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (document)
DEVELOPMENT_OF_HANDOUT_FOR_TEACHING_AND_LEARNING_INVENTOR_PRACTICE_COURSE.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan handout pembelajaran praktek inventor berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK PIRI I Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Handout pembelajaran praktek inventor ini dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi desain (5) uji coba lapangan awal, (6) revisi I, (7) uji coba lapangan utama, (8) revisi II, (9) uji coba lapangan operasional, (10) revisi produk akhir, dan (11) penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase yang diterjemahkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala kelayakan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang berbentuk handout. Berdasarkan silabus, materi-materi kemudian dikembangkan menjadi 9 (sembilan) buah handout. Materi pokok dari tiap handout, yaitu (1) handout 1: pengenalan software Autodesk Inventor; (2) handout 2: pembuatan sketch; (3) handout 3: penggunaan extrude dan revolve; (4) handout 4: penggunaan hole dan pattern; (5) handout 5: penggunaan thread dan work plane; (6) handout 6: penggunaan work axis, work point, dan membuat sebuah part berupa puli dengan berbagai macam fitur; (7) handout 7: perakitan komponen (assembly part); (8) handout 8: pembuatan file presentasi; (9) handout 9: pembuatan gambar kerja. Uji kelayakan terhadap handout pembelajaran praktek inventor yang dikembangkan, menurut penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 95%, dari ahli media memperoleh persentase sebesar 98,5 %, dan dari ketiga uji coba yang dilakukan terhadap siswa memperoleh persentase sebesar 84,5%. Berdasarkan data tersebut, setelah dikonversi ke dalam table konversi skala empat, dapat disimpulkan bahwa handout yang dikembangkan sudah layak digunakan untuk mendukung pembelajaran praktek inventor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item